MATRIKULASI STRATEGI PERIKLANAN / ADVERTISING
1. Periklanan
Sumber Pustaka:
www.pendidikanekonomi.com/2013/02/pengertian-dan-fungsi-periklanan.html
https://qwords.com/blog/apa-itu-ict-inilah-peran-penting-ict-dalam-dunia-periklanan/
2.
Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan
menyeluruh dan terencana yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau institusi
dalam melakukan berbagai upaya agar mampu memenuhi permintaan pasar. Tujuan
utamanya yaitu untuk memaksimalkan keuntungan dengan membuat strategi
penjualan.
Sumber
Pustaka:
https://kamus.tokopedia.com/p/pemasaran/
3.
Orientasi
Pemasaran
Orientasi pasar merupakan ukuran perilaku dan aktivitas yang
mencerminkan implementasi konsep pemasaran. orientasi pasar sebagai satu
proses dan aktivitas yang berhubungan dengan penciptaan dan pemuasan pelanggan
dengan cara terus menilai kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Sumber Pustaka:
http://eprints.stainkudus.ac.id.pdf
4.
Penerapan
ICT Dalam Periklanan
Penerapan ICT dalam periklanan bisa
memberi nilai tambah dalam iklan yang akan di tampilkan, mempermudah pemahamam
dalam membaca iklan. Dalam periklanan itc dapat meningkatkan nilai tambah dan
daya saing.
Sumber Pustaka:
https://qwords.com/blog/apa-itu-ict-inilah-peran-penting-ict-dalam-dunia-periklanan/
5. Tantangan Advertising Dalam Dunia Digital
a. Menciptakan Traffic
& Leads
Menciptakan atau mendatangkan traffic dan leads dalam pemasaran digital memang tidak selalu mudah. Salah satu hal yang dapat dilakukan terlebih dahulu ialah menyesuaikan jenis konten yang Anda buat dengan jenis konten yang diinginkan target audiens perusahaan Anda. Kemudian, pastikan kontenmu tersebar di saluran yang tepat. Mengukur Return on Investment (ROI) atau pengembalian keuntungan juga merupakan salah satu tantangan utama dalam pemasaran digital. Untuk mengukur ROI tersebut, Anda dapat menggunakan perangkat lunak yang mumpuni untuk memantau dan mengukur kegiatan pemasaran digital serta penjualan online yang terjadi. Pengumpulan data yang disiplin dapat mendukung perhitungan ROI yang lebih mudah
b. Memastikan Ketersediaan Budget Pemasaran
Selain budget produksi, budget khusus pemasaran juga perlu disediakan. Pastikan ketersediaan budget dengan menyediakan laporan ROI dari aktivitas pemasaran digital Anda. Menurut survey, organisasi yang menghitung ROI biasanya dapat mengalokasikan budget pemasaran yang lebih besar.
c.
Mengelola Website
d.
Memilih Teknologi yang Tepat
Memilih teknologi
pemasaran yang tepat dapat menjadi keputusan yang membingunkan. Sebelum
memilihnya, Anda bisa memulai dengan memperhatikan hal-hal berikut:
· Pastikan kegunaan teknologi dapat
mendukung kebutuhan perusahaan.
· Pilih teknologi dengan komponen interface
yang mudah dipahami oleh tim yang Anda miliki.
· Gunakan teknologi yang memfasilitasi terjadinya otomasi dalam proses Digital Marketing Anda.
e. Menentukan Konten yang Tepat Untuk Target Audiens Anda
Sebelum menentukan konten yang tepat untuk target audiens Anda, coba kenali dan cari tahu karakter mereka. Mulai dari waktu audiens Anda aktif, tren yang sedang diikuti, hingga gaya bahasa digunakan. Hal tersebut akan berpengaruh pada ketertarikan audiens terhadap konten yang Anda buat. Jika sudah tertarik, maka audiens akan memberikan respon berupa likes, share, hingga komentar.
f. Melatih Anggota Tim
Dalam mengelola pemasaran digital, diperlukan tim solid yang memiliki keahlian tepat. Untuk membentuk tim tersebut, Anda perlu mengidentifikasi pelatihan yang tepat. Ketahui keahlian dan motivasi anggota tim Anda, dan baru terapkan jenis pelatihan yang paling cocok untuk setiap individu. Pelatihan dapat berupa kelas offline, e-learning, buku, dan sebagainya.
g. Merekrut Orang dengan Kemampuan yang Tepat
Untuk meningkatkan efektivitas Digital Marketing perusahaan, Anda
tentu memerlukan orang-orang dengan kemampuan yang tepat. Pastikan Anda
mengidentifikasi dengan teliti orang dengan kemampuan seperti apa yang
dibutuhkan perusahaan saat ini, lalu jangkau mereka di saluran tempat
orang-orang tersebut mencari pekerjaan. Gunakan juga kebijakan masa kerja
percobaan untuk semakin memastikan kecocokan anggota baru Anda.
Sumber Pustaka:
https://www.skytreedgtl.com/insight/articles/8-tantangan-pemasaran-digital
6. Kode Etik / Aturan / UU / Norma Terkait
Advertising Digital
A. Etika Pariwara Indonesia (EPI,2020) yang
menjunjung tiga poin yaitu:
· Jujur, benar, dan bertanggungjawab.
· Bersaing secara sehat.
· Melindungi dan menghargai khalayak, tidak
merendahkan agama, budaya, negara, dan golongan, serta tidak bertentangan
dengan hukum yang berlaku.
B. Undang-Undang Perlindungan
Konsumen No. 8 tahun 1999, Pasal 17 Ayat (1) a yang berbunyi: "Pelaku
usaha periklanan dilarang memproduksi iklan yang mengelabui konsumen mengenai
kualitas, kuantitas, bahan, kegunaan dan harga barang dan/atau tarif jasa serta
ketepatan waktu penerimaan barang dan/atau jasa".
Sumber Pustaka:
B. https://bpkn.go.id/uploads/document/c79f620937dd9d5f5b5a2cc7b88ba0dfea286652.pdf